Jam Digital Masjid Murah

Sholat dalam Islam

Selain sebagai ibadah yang diwajibkan bagi seluruh umat muslim yang telah memasuki usia baligh, Shalat juga memiliki beberapa keutamaan. Diantaranya adalah:
Sholat dalam islam

1. Sebagai amal ibadah yang pertama kali di hisab. 

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Qurti r.a. ia berkata bahwa Rasulullah & bersabda “Perkara yang pertama kali di hisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Jika shalatnya baik, maka baik pulalah seluruh amal perbuatannya. Dan jika sebaliknya maka rusaklah seluruh amal perbuatannya”. (HR. Thabrani)

2. Shalat sebagai tiang agama.

Rasulullah & bersabda, "Pokok dari segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah shalat dan puncaknya adalah jihad dijalan Allah." (HR Muslim)

3. Pembeda dengan orang kalir

Sebagaimana Sabda Rasulullah "Yang membedakan antara seorang muslim dengan orang kafir adalah meninggalkan shalat." (HR. Bukhari-Muslim)

4. Shalat adalah Kafarat (Penebus dosa)

Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah bersabda, "Bagaimana pendapatmu seandainya di depan pintu salah seorang di antara kamu ada sungai yang ia mandi lima kali setiap hari didalamnya, apakah kotorannya masih tertinggal." Mereka menjawab, "Kotorannya sedikitpun tidak bersisa." Beliau bersabda, "Itulah perumpamaan shalat yang lima waktu. Allah menghapus kesalahan (Dosa) dengannya." Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah seorang hamba melakukan sujud kepada Allah kecuali Allah SWT akan meninggikan derajatnya dan menghapus dosa-dosanya." (HR. Ibnu Khuzaimah)

5. Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.

Sebagaimana Allah SWT berhrman, "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain) dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan"

6. Shalat sebagai salah satu pondasi Islam.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar, dia berkata bahwa Rasulullah & bersabda, "Islam di bangun di atas lima dasar, Bersaksi Bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, Mendirikan shalat, Membayar Zakat, Haji dan berpuasa di bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari-Muslim)
Dalam sebuah hadits diriwayatkan Rasulullah pernah bertanya tentang apa yang dimaksud dengan beriman kepada Allah, satu-satunya Tuhan itu. Kemudian para sahabat menjawab, "Allah dan Rasulnya yang lebih mengetahui." Kemudian Rasulullah saw bersabda, "Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat berpuasa di bulan Ramadhan dan hendaklah kalian menyerahkan seperlima harta rampasan perang."

Jam Digital Masjid Murah

7. Shalat sebagai amal perbuatan yang paling di sukai oleh Allah SWT.

Abdullah bin Mas'ud berkata, Saya pernah bertanya kepada Rasulullah "Amal apakah yang paling utama?" beliau menjawab, "Shalat tepat pada waktunya." saya bertanya lagi, "Kemudian amal apa.?" Beliau menjawab, "Berbuat baik terhadap kedua orang tua." Saya bertanya lagi, "Kemudian amal apa?" Beliau menjawab, "Berperang di jalan Allah". Maka tidaklah saya melanjutkan lagi pertanyaan kecuali untuk menjaga hal tersebut.

8. Shalat adalah wasiat terakhir Rasulullah saw.

Sebelum Rasulullah wafat beliau berwasiat kepada umatnya. Dengan hembusan nafasnya yang terakhir beliau bersabda, “Shalat...shalat, dengan segenap keyakinanmu. Shalat merupakan senjata terakhir dari segala yang dapat menghancurkan agama. Jika shalat telah ditinggalkan, maka hilanglah agama dengan sendirinya”.

9. Shalat sebagai amal ibadah yang paling akhir hilang dari agama.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Umamah r.a ia mengatakan bahwa Rasulullah & bersabda, “Sungguh, ikatan agama Islam akan terurai satu persatu. Setiap ikatan itu terurai, maka orang-orang akan bergantung pada ikatan yang berikutnya. Adapun ikatan yang pertama adalah penegakan hukum dan yang terakhir adalah shalat”. (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

10. Ganjaran pahala shalat adalah surga.

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan sbalat sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam, maka Allah SWT mengharamkan jasadnya dari api neraka." (HR. Ibnu Khuzaimah)

Baca juga: "HUKUM MENINGGALKAN SHALAT"
Share on Google Plus

About Ibnu SS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar