Jam Digital Masjid Murah

Pengertian Berwudhu

Wudhu adalah bersuci dengan menggunakan media air dan tanah halus/ debu pada bagian-bagian tubuh yang menurut syariat harus di sucikan sebelum melaksanakan shalat dan ibadah-ibadah lain yang mengharuskannya untuk bersuci. Jumlah basuhan dalam membasuh anggota tubuh dalam berwudhu yang wajib adalah satu kali, sedangkan basuhan yang sunnah adalah basuhan kedua dan ketiga. Hal ini sebagaimana hadits yang di riwayatkan dari Abu Abdillah. Ia mengatakan bahwa Rasulullah & menjelaskan bahwa kewajiban wudhu itu sekali-sekali, namun Rasulullah juga berwudhu dua kali-dua kali dan tiga kali-tiga kali.
Pengertian Berwudhu

Dalam hadits lain yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a ia berkata, "Nabi & berwudhu sekali-sekali".
Sedangkan dari hadits yang diriwayatkan dari Abbad bin Tamim r.a dari Abdullah bin Zayid bahwa Nabi & berwudhu dua kali-dua kali'.
Sedangkan hadits yang mengatakan bahwa Rasulullah berwudhu tiga kali-tiga kali adalah yang diriwayatkan dari Humran bekas hamba sahaya Utsman bahwa ia pernah membawakan Utsman bejana berisi air untuk berwudhu lalu ia berwudhu. Ia menuangkan air pada kedua belah tangannya tiga kali, lalu membasuh keduanya. Kemudian ia memasukan tangan kanannya kebejana lalu ia berkumur, beristinsyaq, kemudian membasuh mukanya tiga kali, membasuh kedua tangannya sampai siku tiga kali, lalu ia membasuh kepalanya, lalu membasuh kedua kakinya hingga kemata kaki sebanyak tiga kali. Lalu ia berkata, “Aku melihat Nabi ea berwudhu ditempat ini dengan baik. Lalu bersabda, “Barangsiapa yang berwudbu seperti wudbuku ini, lalu shalat dua rakaat yang antara kedua shalat itu ia tidak berbicara kepada dirinya, maka diampunilah dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari)
Sedangkan membasuh lebih dari tiga kali para imam mazhab berbeda pendapat. Ada yang mengharamkan namun ada yang memakruhkan.
Dalam berwudhu ada bagian tubuh yang wajib untuk di bersihkan dan ada bagian yang sunnah. Bagian tubuh yang wajib di sucikan Diantaranya ; muka, tangan, kepala dan kaki. Sebagaimana Allah SWT Berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam peijalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur”. (Q.S Al-Maa" idah:6)
Sedangkan bagian tubuh yang sunnah dalam wudhu adalah: bersiwak, membasuh kedua telapak tangan, berkumur-kumur, istinsyaq, dan membasuh telinga.

Jam Digital Masjid Murah
Share on Google Plus

About Ibnu SS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar