Jam Digital Masjid Murah

Keutamaan dalam Berwudhu

Keutamaan dalam Berwudhu


1. Menghapus kesalahan dan meninggikan derajat.

Sebagaimana sabda Rasulullah bersabda:
"Bukankah telah aku tunjukan kepadamu sesuatu yang dapat menghapuskan kesalahan dan meninggikan derajat". Mereka menjawab, “Benar Ya Rasulullah.” Nabi bersabda, "Menyempurnakan Wudhu waktu enggan berwudhu. Banyak pergi ke masjid dan menunggu shalat sesudah shalat. ltulah yang di sebut ribat (Keteguhan Hati)". (HR. Bukhari-Muslim)

2. Sebagai penghapus dosa.

Keistimewaan lain dari Wudhu adalah dapat menjadi kafarat atau penebus dosa, sebagaimana sabda Rasulullah:
Diriwayatkan dari Abu Hurairah & bahwa Rasulullah & bersabda, "Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu lalu membasuh wajahnya, maka keluarlah dari wajahnya setiap dosa akibat pandangan matanya bersamaan dengan air atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir. Apabila ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari kedua tangannya setiap dasa yang di lakukan oleh kedua tangannya itu bersamaan dengan air atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir. Apabila ia membasuh kedua kakinya maka keluarlah dari kedua kakinya setiap dosa yang telah di jalani oleh kedua kakinya itu bersamaan dengan air atau bersamaan dengan tetes airyang terakhir? Sehingga Dia keluar dari dosa dengan bersih”. (HR. Bukhari-Muslim)

3. Bersuci itu sebagian dari Iman.

Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Malik al-Asy'ari r.a.: Abu Malik al-Asy'ari berkata, Rasulullah bersabda, ”Bersuci itu sebagian dari iman". (HR. Bukhari-Muslim)
Orang yang menjaga wudhunya, pada hari kiamat nanti akan datang dengan wajah, tangan dan kakinya yang memancarkan cahaya berwarna putih cemerlang dari bekas wudhunya. Sebagaimana Rasulullah bersabda, Nu'aim al-Mujmir r.a. berkata, “Saya naik bersama/Ibu Hurairah ke atas masjid. Ia berwudhu lalu berkata, “Sesungguhnya aku pernah mendengar Nabi & bersabda, “Sesungguhnya pada hari kiamat umatku akan di panggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Barang siapa yang mampu untuk memperlebar putihnya, maka kerjakanlah hal itu”. (Mutafaq 'alaih)

Jam Digital Masjid Murah
Share on Google Plus

About Ibnu SS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar